Total Pageviews

Thursday, May 1, 2008

Pertumbuhan Kuman Pada Makanan


Kuman berkembang biak dengan cara membelah diri. Pada kondisi ideal pertumbuhannya, mereka akan membelah diri setiap 10-30 menit. Jika satu kuman membelah diri setiap 20 menit, maka setelah tujuh jam akan terdapat lebih dari dua juta kuman! Jumlah ini lebih dari cukup untuk membuat kita sakit. Karena sebagian besar makanan biasanya mengandung kuman lebih dari satu, maka dapat dibayangkan kalau kuman hanya butuh waktu yang singkat untuk berkembang biak sampai pada jumlah yang membahayakan (Gambar 1).


Faktor-Faktor yang Mendukung Pertumbuhan Kuman Pada Makanan

Untuk bisa tumbuh dan berkembangbiak, kuman membutuhkan makanan, kondisi hangat, air, udara dan waktu.

· Makanan

Kuman menyukai makanan dengan kandungan zat gizi yang lengkap. Sehingga, makanan bernutrisi tinggi seperti daging, ayam, ikan dan susu menjadi lebih mudah rusak.

· Suhu

Sebagian besar kuman membutuhkan kondisi hangat untuk bisa tumbuh dan berkembang biak. Suhu yang disukai kuman untuk pertumbuhannya adalah 4 - 60°C. Oleh karena itu, kisaran suhu ini menjadi daerah berbahaya yang harus dihindari untuk meminimalkan pertumbuhan kuman.

· Air

Kuman membutuhkan air untuk mengabsorbsi makanannya. Oleh karena itu, kuman tidak bisa tumbuh dengan baik pada makanan kering seperti biskuit. Kuman juga tidak bisa tumbuh pada makanan dengan kandungan garam atau gula yang tinggi, karena gula atau garam akan mengikat air sehingga tidak bisa digunakan oleh kuman.

· Udara (Oksigen)

Sebagian besar kuman membutuhkan oksigen untuk tumbuh. Tetapi, tidak semua kuman butuh oksigen. Contohnya, kuman Clostridium botulinum yang memproduksi racun botulin yang sangat mematikan. C. botulinum ini akan jadi masalah pada makanan kaleng yang proses sterilisasinya salah (proses pemanasan tidak cukup, sehingga kuman ini tidak mati tetapi tetap tumbuh dan memproduksi racun botulin di dalam makanan kaleng).

· Waktu

Jika kuman masuk kedalam suatu lingkunga baru, maka seperti halnya kita, mereka juga butuh waktu untuk beradaptasi yang lamanya sekitar 1 jam. Selanjutnya kuman akan membelah diri dengan sangat cepat. Mereka membelah diri setiap 15-30 menit.

Oleh: Elvira Syamsir, 2007
(Gambar dari berbagai sumber)