Total Pageviews

Friday, November 29, 2013

Info Pangan (3)


  1. Stress dapat memicu radikal bebas yang menimbulkan berbagai macam penyakit. Oleh karena itu gaya hidup yang tenang, manajemen stress serta pola makan yang sehat dan seimbang sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan (Prof. Deddy Muchtadi)
  2. Tiga prinsip pengendalian keamanan pangan: meminimalkan kandungan cemaran di dalam bahan baku; menekan bertambahnya cemaran; dan menjamin tahap penghilangan cemaran dilakukan dgn baik
  3. Tahukah anda? Bakteri Klebsiella pneumonia ditemukan sebagai kontaminan selama proses fermentasi tempe. Tetapi, bakteri ini memproduksi vitamin B12 di dalam tempe.
  4. Mioglobin merupakan pigmen utama daging dan konsentrasinya akan mempengaruhi intensitas warna merah daging. Perbedaan kadar miglobin menyebabkan perbedaan intensitas warna daging. Faktor-faktor yang mempengaruhi kadar mioglobin adalah spesies, jenis kelamin, umur dan aktifitas fisik hewan. Hal ini menjelaskan kenapa daging sapi lebih merah dari daging babi dan daging babi lebih merah dari daging ayam; atau mengapa daging hewan jantan, hewan tua dan/atau daging paha lebih merah dari hewan betina, hewan muda dan/atau daging dada.
  5. Daging kaya akan zat gizi, kadar air juga tinggi dan memiliki keasaman yang rendah (pH sekitar 5,3 - 7,0). Kondisi ini sangat ideal untuk pertumbuhan mikroba sehingga menyebabkan daging dan produk olahannya menjadi cepat rusak