Total Pageviews

Monday, November 30, 2009

Daging kambing vs hiperkolesterol

Oleh: Elvira Syamsir

Artikel terkait:  Nutritive Value of Goat Meat

Benarkah daging kambing menyebabkan hiperkolesterol??? Faktanya: kadar lemak daging kambing 50-65% lebih rendah dari daging sapi. Kandungan kolesterol kambing hanya 5-39 mg/100g kambing, sementara daging sapi: 42-78 mg/100g. Dari komposisi ini terliat bahwa daging kambing jauh lebih sehat daripada daging sapi.

Tapi, tolong diperhatikan, bahwa yang dimaksud dengan daging kambing disini adalah daging (karkasnya)-nya, dan tidak termasuk otak, jeroan (usus, babat, dan sebagainya). Seperti halnya pada daging sapi, otak dan jeroan kambing mengandung lemak total,lemak jenuh dan kolesterol yg tinggi. Daging kambing (sekali lagi bukan otak dan jeroan) mengandung lemak, lemak jenuh, dan kolesterol lebih rendah dibandingkan daging sapi, babi, domba bahkan daging ayam.

Untuk penderita jantung dan darah tinggi, konsumsi daging merahnya memang harus dibatasi, bukan hanya daging kambing saja tetapi juga daging merah yang lain. Mengapa tekanan darah naik kalau makan daging kambing? Disini ada dua kemungkinan:
  • Kita tidak mengetahui kalau kita punya masalah dengan penyakit jantung atau punya penyakit darah tinggi dan mengkonsumsi daging kambing termasuk lemak dan jeroannya secara berlebihan, atau...
  • Yang dikonsumsi bukan 'murni' daging kambingnya tetapi mungkin malah lemak, otak dan/atau jeroannya..., dalam jumlah yang relatif banyak.