Total Pageviews

Wednesday, November 2, 2016

Kopi dan Kesehatan

Elvira Syamsir

Adakah manfaat minum kopi terhadap kesehatan? Pada satu penelitian dikatakan bahwa tidak ada hubungan antara minum kopi dengan terjadinya menopause dini dan percepatan osteoporosis. Penelitian yang lain menunjukkan terjadinya penurunan resiko osteoporosis pada wanita menopause yang rutin minum kopi. Penelitian lainnya lagi menunjukkan bahwa kopi dapat memberikan manfaat terhadap kesehatan, diantaranya melindungi terhadap penyakit Parkinson, diabetes tipe 2 dan penyakit hati, juga meningkatkan fungsi kognitif dan mengurangi resiko depresi.

Efek negatif kopi juga ada. Diantaranya yang pernah dilaporkan adalah konsumsi kopi tanpa filter (rebus atau espresso) dalam jumlah banyak akan sedikit meningkatkan kadar kolesterol. Walaupun ada penelitian yang menunjukkan bahwa minum kopi secara rutin akan menurunkan angka kematian karena kardiovaskuler, studi yang lain menemukan bahwa minum minimal dua cangkir kopi sehari dapat meningkatkan risiko penyakit jantung pada orang dengan kondisi genetik khusus (kemampuan menguraikan kafein rendah) dan meningkatkan tekanan darah pada penderita hipertensi.

Jadi, minum kopi juga perlu memperhatikan aspek kehati-hatian. Resiko kesehatan mungkin akan muncul jika peminum kopi tidak sehat (misal penderita hipertensi), memiliki kondisi genetik khusus (lambat menguraikan kafein), anak-anak, ibu hamil dan ibu menyusui (berpengaruh kepada janin atau anak karena mereka belum mampu menguraikan kafein secara cepat), dan orang-orang dengan pola hidup yang tidak sehat.