Total Pageviews

Friday, November 29, 2013

Info Pangan (1)

  1. Stress di tempat kerja dapat meningkatkan konsumsi camilan yang kadar gula, lemak dan/atau garamnya tinggi. Kondisi ini mungkin berkontribusi pada peningkatan berat badan dan dlm jangka panjang berpengaruh negatif terhadap kesehatan (Stewart-Knox, 2013)
  2. Penyakit celiac merupakan salah satu penyakit genetik, bukan karena alergi, tetapi penyakit autoimun yang mempengaruhi usus kecil. Penyebabnya adalah intoleransi terhadap gluten. Sistim kekebalan tubuh penderita bereaksi terhadap peptida hasil pemecahan gluten menyebabkan kerusakan pada dinding usus kecil dan menurunkan penyerapan zat-zat gizi. Konsumsi produk-produk olahan yang mengandung gluten oleh penderita penyakit Celiac dalam jangka panjang akan meningkatkan resiko timbulnya penyakit-penyakit yang terkait dengan berkurangnya asupan gizi, seperti anemia.
  3. Walaupun bernama Bir Pletok, minuman ini tidak mengandung alkohol. Minuman ini berasal dari Betawi, dibuat dengan menggunakan campuran jahe, daun pandan wangi dan serai. Warna merahnya berasal dari kayu secang.
  4. Pengembangan teknologi pangan ditujukan untuk mempermudah dan mengoptimalkan pemanfaatan bahan pangan. Ada rambu-rambu yg jelas utk pemanfaatannya. Ketika ada yg menyalahgunakan penggunaannya, maka BUKAN teknologinya yg seharusnya disalahkan.
  5. Udang mengandung protein bermutu tinggi, rendah kadar lemak jenuh, mineral selenium yg bersifat anti oksidan, zat astaxanthin yg bersifat anti oksidan dan anti inflamasi serta mengandung komp. sterol yg berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol LDL darah (beta sitosterol, campesterol dan brassicasterol).