Total Pageviews

Saturday, June 22, 2013

Buku: HACCP Pendekatan Sistematik Pengendalian Keamanan Pangan


Penulis:  Dr. Ratih Dewanti-Hariyadi
Tahun terbit: 2013
Penerbit:  Dian Rakyat (ISBN 978-979-078-404-8)



Pangan bermutu dan aman untuk memenuhi kebutuhan gizi dan kesehatan adalah hak semua orang.  Produsen bersama-sama dengan pemerintah wajib melakukan segala upaya untuk menghasilkan pangan bermutu yang aman secara berkesinambungan.  Pada saat ini Hazard Analysis Critical Control Point(HACCP) dianggap sebagai pendekatan ilmiah yang paling efektif dalam mengendalikan bahaya-bahaya mikrobiologi, kimia dan fisik yang ada di dalam rantai pangan karena memberikan jaminan keamanan pangan yang lebih baik ketimbang sistem pengawasan mutu konvesional.

Buku “HACCP, Pendekatan Sistematik Pengendalian Keamanan Pangan” menjelaskan filosofi HACCP sebagai perangkat sistem manajemen keamanan pangan di tingkat industri, prinsip-prinsip HACCP dan pendekatan khusus bagi industri jasa boga.  Sebagai tambahan, buku ini juga dilengkapi dengan latihan penyusunan rencana HACCP dengan tiga model industri pangan hipotetis.

Buku ini disusun dengan bahasa yang sederhana serta disajikan secara berurutan sesuai prinsip-prinsip HACCP agar mudah dipahami.  Adanya  bab yang melatih pembaca untuk tahap demi tahap mengikuti proses penyusunan rencana HACCP diharapkan dapat meningkatkan pemahaman mengenai HACCP.

Buku ini merupakan buku pegangan yang sangat penting bagi dosen dan mahasiswa yang mendalami teknologi pangan, ilmu pangan, pengolahan hasil pertanian dan ilmu gizi serta para manajer dan praktisi di industri pangan, termasuk industri jasaboga seperti hotel, restoran, katering, dan rumah sakit. Disamping itu, buku ini juga selayaknya dimiliki oleh para inspektur dan atau auditor agar memiliki latar belakang pemahaman yang baik tentang HACCP ketika menginspeksi dan atau mengaudit sistem manajemen keamanan pangan suatu industri dalam rantai pangan.