Total Pageviews

Wednesday, July 14, 2010

Ketika menyimpan es krim di rumah, kok teksturnya menjadi kasar?

Oleh: Elvira Syamsir

Mengapa tekstur es krim yang awalnya lembut kadang berubah menjadi kasar karena ada kristal es didlmnya ketika es krim tersebut disimpan di freezer rumah?

Freezer rumah tidaklah sedingin freezer komersial. Peningkatan suhu freezer (misal karena pintu freezer yang sering dibuka/ditutup) menyebabkan es krim mencair dan pembekuannya kembali (didalam freezer) berlangsung lambat sehingga membentuk kristal es berukuran besar didalam es krim.

Untuk mempertahankan agar tekstur es krim tetap lembut adalah dengan menjaga agar suhu penyimpanannya tidak berfluktuasi. Fluktuasi suhu (selama berada di toko, distribusi atau penyimpanan) menyebabkan kristal es yang awalnya ada dalam bentuk sangat halus, mencair dan kemudian membeku kembali. Tapi, karena proses pembekuan berjalan lambat, rekristalisasi ini menyebabkan ukuran kristal es dalam es krim menjadi besar dan terdeteksi oleh lidah.

Konsumen sebaiknya membeli es krim dalam jumlah secukupnya (tidak disimpan untuk jika waktu yang terlalu lama), diambil sesaat sebelum selesai berbelanja, dibawa dengan cool box (yang ini jarang kita lakukan karena 'ribet') dan/atau menyegerakan pulang dan menyimpan es krim di freezer (agar tidak banyak es yang lumer).